Sejarah perjalanan kompetisi MotoGP atau Grand Prix Sepeda Motor sangat menarik untuk diketahui dan diikuti perkembangannya. Pasalnya, kompetisi MotoGP ini adalah yang tertinggi di balapan sepeda motor. Saat ini kejuaraan dunia motor sendiri terbagi ke dalam tiga pada pembagian kelas motogp berdasarkan kubikasi mesin, yaitu : Moto3, Moto2, dan MotoGP. Untuk sepeda motor di ajang MotoGP sendiri menggunakan motor khusus (prototype) yang artinya hanya digunakan dalam balapan dan tidak untuk dijual di pasaran.
Kompetisi MotoGP Tahun 1949 – 1970
Untuk pertama kalinya, yaitu pada tahun 1949, ajang balap motor diselenggarakan oleh Federation International de Motorcyclisme atau FIM. Pada saat itu telah diselenggarakan balap motor untuk kelas yang berbeda.
Pembagian kelas motor ini didasarkan pada kapasitas mesin serta kelas untuk sidecars atau motor bersespan. Diantaranya ada : kelas 50cc, 125cc, 250cc, 350cc, dan kelas 500cc untuk motor single. Sedangkan untuk sidecars ada pembagian 350cc dan 500cc.
Motor dengan tipe mesin 4 tak sendiri sempat mendominasi pada balapan, yaitu pada tahun 1950-an dan sepanjang 1960-an. Hal tersebut terjadi di seluruh kelas yang dibuka dalam balapan. Baru pada tahun 1960-an, sepeda motor dengan tipe mesin 2 tak mulai hadir dan mendominasi kelas-kelas kecil di balapan.
Berkut ini adalah daftar juara MotoGP dari tahun 1949 hingga 1970 :
- MotoGP 1949, Leslie Graham
- MotoGP1950, Umberto Masetti
- MotoGP 1951, Geoff Duke
- MotoGP 1952, Umberto Masetti
- MotoGP 1953, Geoff Duke
- MotoGP 1954, Geoff Duke
- MotoGP 1955, Geoff Duke
- MotoGP 1956, John Surtees
- MotoGP 1957, Libero Liberati
- MotoGP 1958, John Surtees
- MotoGP 1959, John Surtees
- MotoGP 1960, John Surtees
- MotoGP 1961, Garry Hocking
- MotoGP 1962, Mike Hailwood
- MotoGP 1963, Mike Hailwood
- MotoGP 1964, Mike Hailwood
- MotoGP 1965, Mike Hailwood
- MotoGP 1966, Giacomo Agostini
- MotoGP 1967, Giacomo Agostini
- MotoGP 1968, Giacomo Agostini
- MotoGP 1969, Giacomo Agostini
- MotoGP 1970, Giacomo Agostini
Kompetisi MotoGP Tahun 1971 – 2001
Pada tahun 1970an, motor dengan tipe mesin 2 tak sudah mendominasi dan menyingkirkan mesin 4 tak. Beberapa motor pun telah memakai mesin dua langkah tiga silinder, sepertihalnya yang digunakan MV Agusta yang memakai motor tiga silinder. Hal tersebut sukses membawanya menjadi juara dunia balap pada tahun 1966 hingga tahun 1773. Pemilihan jenis mesin ini sendiri dilatarbelakangi atas alasan adanya bobot yang lebih ringan sehingga kualifikasinya di lintasan balap menjadi lebih baik.
Baru pada tahun 1997, banyak ditemui sepeda motor di balapan Gran Prix 500 menggunakan mesin 4 silinder. GP500 sendiri merupakan puncak balap motoGP. Pada periode kompetisi antara 1971 sampai 2001, kelas puncak dibatasi dengan 4 silinder dan kapasitas mesin 500 cc. Kebijakan ini berlaku bagi bagi menggunakan 4 tak atau 2 tak.
Berikut ini adalah daftar juara MotoGP pada rentang waktu 1971-2001 :
- MotoGP 1971, Giacomo Agostini
- MotoGP 1972, Giacomo Agostini
- MotoGP 1973, Phil Read
- MotoGP 1974, Phil Read
- MotoGP 1975, Giacomo Agostini
- MotoGP 1976, Barry Sheene
- MotoGP 1977, Barry Sheene
- MotoGP 1978, Kenny Roberts
- MotoGP 1979, Kenny Roberts
- MotoGP 1980, Kenny Roberts
- MotoGP 1981, Marco Lucchinelli
- MotoGP 1982, Franco Uncini
- MotoGP 1983, Freddie Spencer
- MotoGP 1984, Eddie Lawson
- MotoGP 1985, Freddie Spencer
- MotoGP 1986, Eddie Lawson
- MotoGP 1987, Wayne Gardner
- MotoGP 1988, Eddie Lawson
- MotoGP 1989, Eddie Lawson
- MotoGP 1990, Wayne Rayne
- MotoGP 1991, Wayne Rayne
- MotoGP 1992, Wayne Rayne
- MotoGP 1993, Kevin Schwantz
- MotoGP 1994, Michael Doohan
- MotoGP 1995, Michael Doohan
- MotoGP 1996, Michael Doohan
- MotoGP 1997, Michael Doohan
- MotoGP 1998, Michael Doohan
- MotoGP 1999, Alex Criville
- MotoGP 2000, Kenny Roberts Jr.
- MotoGP 2001, Valentino Rossi
Kompetisi MotoGP Tahun 2002 – 2019
Tahun 2000an merupakan masa transisi dimana menjadi periode terakhir mesin dua tak boleh diperlombakan dalam kompetisi kelas premier.Tepatnya tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama kalinya, pabrikan motor diizinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin untuk 4 tak. Kapasitas mesin yang diijinkan bisa mencapai maksimal 990cc.
Sementara pada ajang balap tahun 2007, kapasitas maksimalnya berubah menjadi 800 cc. Di sisi lain, pabrikan motor diperbolehkan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan, yaitu 3 hingga 6 namun harus memiliki batas berat yang telah ditentukan.
Dikarenakan, kapasitas motor tidak dibatasi diangka 500cc saja, maka nama kejuraaan yang tadinya GP500 berubah menjadi MotoGP. Pabrikan motor ternama termasuk yamaha cenderung memilih untuk memakai mesin 4 tak terbaru untuk hadir dalam perlombaan tersebut.
Berikut ini adalah daftar juara tahun 2002 hingga 2019 :
- MotoGP 2002, Valentino Rossi
- MotoGP 2003, Valentino Rossi
- MotoGP 2004, Valentino Rossi
- MotoGP 2005, Valentino Rossi
- MotoGP 2006, Nicky Hayden
- MotoGP 2007, Casey Stoner
- MotoGP 2008, Valentino Rossi
- MotoGP 2009, Valentino Rossi
- MotoGP 2010, Jorge Lorenzo
- MotoGP 2011, Casey Stoner
- MotoGP 2012, Jorge Lorenzo
- MotoGP 2013, Marc Marquez
- MotoGP 2014, Marc Marquez
- MotoGP 2015, Jorge Lorenzo
- MotoGP 2016, Marc Marquez
- MotoGP 2017, Marc Marquez
- MotoGP 2018, Marc Marquez
- MotoGP 2019, Marc Marquez
MotoGP merupakan ajang balap motor paling bergengsi di dunia saat ini. Berbagai pabrikan motor ternama dunia pun turut andil di dalamnya dengan pebalap andalan mereka. Yamaha juga menjadi salah satu pabrikan yang turut berkompertisi dan berhasil meraih berbagai prestasi dari berbagai kejuaraan.
Sepeda motor sendiri seringkali dipakai oleh masyarakat untuk berbagai kegiatan. Selain praktis, performanya juga mendukung untuk melintasi berbagai medan. Untuk saat ini, pembelian sepeda motor berbagai unit bisa Anda lakukan di dealer resmi yamaha Fortuna Motor. Kami menyediakan berbagai unit sepeda motor yang bisa Anda dapatkan dengan dp rendah dan cicilan ringan. Namun sebelumnya, perlu Anda ketahui istilah-istilah penting dalam kredit motor terlebih dahulu.