4 Kelebihan dan 5 Kekurangan Box Motor dan Tips Memilihnya

apa itu box motor dan fungsinya

Sebagai pengguna sepeda motor, maka Anda harus tahu apa itu box motor serta fungsinya. Pasalnya, aksesoris tambahan pada motor ini bisa membantu membawa lebih banyak barang mengingat ukuran bagasi motor yang terbatas. Bagi Anda yang suka touring dengan motor, terntu akan membutuhkan box motor sebagai salah satu persiapan dan perlengkapan touring.

Apa Itu Box Motor dan Fungsinya

apa itu pengertian dan definisi box motor

Box motor adalah aksesoris motor yang berbentuk sebuah box atau wadah yang kokoh dan dipasang di samping atau belakang motor. Adanya box motor ini membantu Anda untuk membawa lebih banyak barang ketika bepergian dengan motor. Box motor ini dipasang dengan bracket sehingga tetap kokoh dan stabil ketika motor digunakan berkendara.

Di pasaran, terdapat box motor berbagai merk dengan kualitas dan kapasitas yang berbeda-beda. Anda harus jeli untuk memilih yang paling tepat dengan motor Anda. Secara umum, box motor memiliki fungsi di bawah ini :

  • Sebagai kapasitas penyimpanan pada motor => Anda bisa menyimpan berbagai barang seperti jaket, helm maupun tas dengan aman di dalam box motor. Penyimpanan tambahan ini sangat bermanfaat terutama bagi yang sering touring ke luar kota atau jarak jauh.
  • Melindungi motor dari benturan => Box motor yang diletakkan di bagian belakang akan melindungi motor dari benturan. Jika terjadi tabrakan, maka box motor yang akan terkena dampaknya terlebih dahulu.
  • Bisa mencari sandaran => Jika Anda membawa boncengan di belakang, maka box motor bisa sekaligus menjadi sandaran. Pemasangan box motor yang disertai dengan bracket ini akan aman untuk menahan beban.
  • Sebagai alat kerja go shop dan go food => Bagi ojek online, pemasangan box motor akan sangat membantu dalam membawa barang terutama untuk pesanan go shop atau go food. Dengan demikian, maka barang pesanan tidak takut rusak atau tumpah.

Box Belakang dan Box Samping (Side Box) pada Motor

box belakang dan sidebox motor

Ada dua jenis box motor yang sering kali dipasang oleh para biker, yaitu box belakang dan box samping. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, meskipun secara umum sama-sama untuk penyimpanan barang para biker.

Box belakang diletakkan di belakang motor. Jenis box ini cocok bagi Anda ingin lebih aman saat bermanuver. Pasalnya motor akan lebih mudah dikendalikan dan minim resiko. Secara umum, ukurannya cukup besar sehingga bisa menampung banyak barang.

Sedangkan side box adalah box motor yang diletakkan di samping motor. Penggunaan jenis box ini adalah bagi Anda yang menggunakan motor untuk harian atau untuk keperluan touring. Untuk melaju cepat, box ini kurang tepat karena akan menyulitkan ketika bermanuver.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Box Motor

kelebihan dan kekurangan box sepeda motor

Box motor merupakan aksesoris yang banyak dibutuhkan oleh biker baik untuk penggunaan motor harian maupun untuk touring. Pemasangannya pun memiliki berbagai kelebihan maupun kekurangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan box motor bagi Anda :

4 Kelebihan Menggunakan Box Motor

Box motor memiliki berbagai merk, ukuran dan kapasitas. Ketika memasangnya, maka berbagai kelebihan berikut ini yang akan Anda dapatkan, yaitu :

  1. Dapat membawa banyak barang => Contohnya, jika Anda menggunakan box motor ukuran 4L maka bisa menampung 1 helm fill face, jas hujan, sekaligus sarung tangan dan sepatu secar bersamaan.
  2. Membuat motor lebih bergaya ala motor club => Box motor sering kali  dipasang agar memberi kesan motor lebih keren. Hal ini tergantung juga pada pemilihan merk box motor sekaligus aksesoris penunjangnya, seperti halnya penggunaan wing rack maupun lampu.
  3. Mengurangi niat pencurian motor => Hal ini karena mencuri motor dengan box akan menyulitkan saat akan ngebut dan melarikan diri. Pasalnya, motor dengan box akan susah dikendarai dengan kecepatan penuh.
  4. Ada banyak pilihan merk dan ukuran box motor => Di pasaran, Anda bisa menemukan berbagai pilihan box motor baik berdasarkan merk, kualitas dan juga ukurannya. Jangan hanya untuk bergaya, namun temukan box motor terbaik berdasarkan kebutuhan dan spesifikasi motor. Perhatikan juga kenyamanan dan keamanan dengan pemakaian bracket yang tepat.

5 Kekurangan Menggunakan Box Motor

Menggunakan aksesoris motor yang satu ini bisa jadi pilihan Anda ketika akan melakukan touring atau mendukung pekerjaan yang butuh membawa banyak barang sekaligus. Namun, Anda juga harus memperhatikan berbagai kekurangan yang dimiliki ketika menggunakan aksesoris motor yang satu ini, seperti halnya :

  1. Sulit menyalip di tengah kemacetan => Ketika akan menyalip, pastikan untuk mengukur jarak terlebih dahulu. Bagi yang belum terbiasa, menyalip kendaraan di depan bisa jadi sangat sulit dengan box motor. Pastikan gunakan kaca spion untuk melihat kondisi belakang dan jangan terburu-buru ketika akan menyalip.
  2. Keseimbangan motor bisa terganggu => Contohnya jika ada angin kencang, maka motor akan kurang stabil. Motor bisa goyang karena hal tersebut. Agar lebih aman, sebaiknya Anda melambatkan motor atau lebih baik menepi.
  3. Box motor mudah lecet => Hal ini bisa terjadi ketika box motor terserempet. Resiko ini sering dialami karena box motor memiliki ukuran yang cukup besar.
  4. Penumpang susah naik => Jika Anda ingin berboncengan, maka penumpang biasannya akan susah naik karena kakinya terhalang box motor. Anda sebagai pengendara motor harus maju ke depan agar penumpang lebih mudah untuk naik.
  5. Lebih sudah parkir motor => Tempat parkir yang terbatas ruangnya akan menyulitkan Anda. Hal ini dikarenakan ukuran box motor yang besar terutama yang diletakkan di samping atau side box.

Tips dan Pertimbangan Dalam Memilih Box Motor

Ada banya tipe dan merk box motor. Lalu, bagaimana Anda memilihnya? Berikut ini ada berbagai pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli box motor :

  • Harganya => Pastikan budget yang dimiliki sesuai dengan harga box motor. Harga ini akan sesuai dengan kualitas box maupun ukurannya.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan => Ukuran dan spesifikasi box motor sangat beragam, maka sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pastikan pula bawha dimensi box tidak lebih besar daripada panjang stang kemudi motor. Jika telalu lebar maka bisa menganggu pandangan belakang Anda.
  • Perhatikan jenis motor Anda => Gunanya adalah agar tidak mengganggu kestabilan motor. Untuk motor matic sebaiknya menggunakan ukuran 26 L hingga 35 L saja. Sementara untuk motor berkapasitas besar bisa memilih box motor dengan volume yang lebih besar.
  • Pemilihan bracket yang berkualitas => Ada banyak jenis bracket, seperti halnya monorack, heavyrack, side box, dan bracket geser. Tentukan yang sesuai dengan box motor yang digunakan dan harus berkualitas agar kuat dan stabil.

Motor sendiri merupakan kendaraan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk harian, bekerja hingga touring. Salah satunya adalah motor yamaha yang bisa Anda dapatkan di dealer resmi yamaha Fortuna Motor. Kami memberikan proses yang mudah dan cepat untuk setiap pembelian, termasuk kredit dan cash.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *