Cara merawat motor manual penting diketahui jika Anda ingin motor kesayangan tidak mudah mengalami kerusakan. Sepeda motor manual sendiri ada yang jenis bebek dan juga motor kopling. Keduanya merupakan jenis motor manual yang banyak ditemukan di jalan raya.
Agar motor manual yang dimiliki bisa awet dan tahan lama serta minum terjadi kerusakan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan tips perawatan yang berikut ini:
1. Perhatikan Kondisi Ban Motor
Ada baiknya untuk memperhatikan tekanan udara ban motor yang Anda miliki. Karena dengan tekanan ban yang tepat, motor juga akan lebih awet saat digunakan. Selain itu, ban yang diisi dengan tekanan angin yang cukup, bisa digunakan secara lebih nyaman dan mulus saat berada di jalanan.
Perhatikan juga tampilan ban. Jika memang permukaan ban sudah mulai halus, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya ban meletus di jalan atau masalah lain yang merugikan pengendara.
2. Panaskan Motor Setiap Pagi
Kebiasaan yang satu ini telah banyak dipraktekkan oleh para pemilik motor. Memanaskan motor di pagi hari merupakan langkah yang bijak, apalagi jika semalaman penuh sudah dalam kondisi mati.
Manfaat dari memanaskan motor manual setiap pagi adalah untuk meningkatkan suhu mesin motor supaya tidak terjadi perubahan suhu yang dadakan. Kemudian, manfaat lainnya adalah untuk menjaga performa motor agar tetap terjaga terutama sirkulasi oli, sehingga bisa digunakan untuk membantu mobilitas sehari-hari.
Cara memanaskan motor matic yang baik adalah panaskan motor kurang lebih 5 menit sampai 10 menit dan sebaiknya menggunakan kick stater saja (jika ada), jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray / aki dari motor.
3. Mengganti Oli Sesuai Jadwal
Penting untuk mengganti oli secara rutin dengan oli yang berkualitas. Pergantian oli dimaksudkan agar performa mesin dan kendaraan bisa lebih optimal saat berada di jalan. Jika Anda jarang mengganti oli, hal ini bisa berakibat pada performa mesin yang buruk hingga terjadinya kerusakan pada komponen motor.
Mengganti oli secara rutin sebaiknya dilakukan setiap 2000 sampai dengan 4000 km, tergantung pada jenis oli yang digunakan. Selain menggunakan acuan kilometer, Anda juga bisa menggunakan acuan bulan yaitu tiap 2 sampai 3 bulan sekali (bisa diterapkan jika selama itu motor tidak mencapai batas kilometer pergantian oli).
4. Cek juga Akinya
Motor manual biasanya menggunakan 2 jenis aki yakni aki basah dan juga aki kering. Untuk jenis aki basah, Anda bisa mengisinya saat aki sudah mulai berkurang. Sedangkan untuk jenis aki kering, Anda bisa menggantinya segera jika ada masalah. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya gangguan kelistrikan.
5. Kualitas Bahan Bakar yang Sesuai Dengan Rasio Kompresi Mesin
Gunakan bahan bakar berkualitas sesuai dengan jenis motor manual yang digunakan. Untuk mendapatkan bahan bakar yang tepat, Anda bisa cek di buku manual penggunaan sepeda motor. Untuk konsumsi bahan bakar yang tepat untuk motor anda maka bisa mengambil acuan berapa perbandingan rasio kompresi motor yang anda miliki. Klik disini untuk mengetahui rasio kompresi motor dan jenis bahan bakar apa yang sebaiknya digunakan.
6. Perawatan Kopling
Khusus jenis motor manual kopling, ada baiknya untik memeriksa bagian kanvasnya. Anda bisa segara mengganti kanvas jika memang sudah aus dan terkikis. Ganti dengan produk yang berkualitas dan sesuai dengan standar pabrik.
Selain bagian kanvasnya, Anda juga bisa mengecek bagian kabel kopling. Kabel kopling yang kering dan kotor, bisa menyebabkan tarikan kopling terasa berat.
7. Perawatan Rantai
Umumnya motor manual menggunakan rantai sebagai sistem penggerak roda motor. Dibandingkan dengan sestem penggerak roda lainnya, rantai memiliki kekurangan di perawatan. Kekurangan tersebut mengharuskan anda melumasinya dengan oli secara rutin dan membersihkannya dari kotoran setidaknya seminggu sekali.
8. Rutin Melakukan Servis di Bengkel Resmi
Anda bisa melakukan service kendaraan di bengkel resmi dari jenis motor yang digunakan. Jika memang motor yang digunakan adalah produk Yamaha, maka cari bengkel resmi Yamaha terdekat di kota Anda. Jika anda pemilik sepeda motor yamaha maka bisa melakukan perawatan dan servis di bengkel resmi yamaha fortuna motor dan melakukan penggantian part dengan sparepart orisinil yamaha (YGP).
Demikian cara merawat motor manual baik bebek dan kopling yang bisa Anda terapkan. Tentunya, dengan perawatan yang tepat dan rutin, maka berkendara dengan sepeda motor akan semakin aman dan nyaman.
Bagi Anda yang tertarik ingin membeli jenis motor matic atau bebek dari Yamaha, bisa segera mengunjungi dealer resmi Yamaha Fortuna Motor. Tempat kami juga merupakan tempat service resmi Yamaha yang memiliki alat dan fasilitas yang lengkap.
yang penting sih yaa kalo menurut aku tetep rutin servisnya. trus sama jangan lupa buat ngeganti oli nya juga sih.