Sejarah panjang yamaha vixion dimulai tahun 2007 saat diluncurkannya vixion generasi pertama. Motor dari Yamaha ini sendiri merupakan pioner teknologi pendingin cairan dan teknologi injeksi yang sebelumnya adalah teknologi pendingin udara (angin) dan sistem kaburator.
Pesaing dari pabrikan motor lain mulai mengikuti penerapan sistem tersebut pada tipe motor sport dan naked bike milik mereka. Saat ini, umumnya motor naked bike dan sport bike menggunakan sistem injeksi seperti halnya yang dimiliki oleh vixion. Jika belum paham, Anda harus harus tahu juga tentang perbedaan motor injeksi dan kaburator secara umum.
Yamaha Vixion Generasi Ke-1 (Tahun 2007-2010)
Vixion generasi pertama ini diluncurkan pada tahun 2007 di Indonesia. Keunikan dari jenis motor yamaha yang satu ini adalah adanya rangka atau chasis delatbox berwarna silver dilengkapi dengan headlamp bulat.
Untuk sistem kelistrikan sendiri, vixion generasi pertama ini memakai arus DC dimana ketika posisi kunci kontak berada di posisi ON, maka lampu utama akan hidup. Hal ini menandakan bahwa arus listrik bersumber dari aki.
Mesin yang ada pada jenis motor naked bike ini memiliki kode produksi 3C1 yang dikenal karena bandel dengan suara mesin halus. Motor ini sudah menggunakan sistem injeksi dan mulai diterima di pasaran Indonesia.
Spesifikasi Yamaha Vixion Generasi Ke-1 (Tahun 2007-2010) :
- Mesin
- Tipe Mesin: 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
- Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
- Volume Silinder : 149,8 cc
- Diameter x Langkah : 57.0 mm x 58.7 mm
- Perbandingan Kompresi :10,40 :1
- Daya Maksimum : 11,1 kW / 8500 rpm
- Torsi Maksimum : 13,1 Nm / 7500 rpm
- Sistem Starter: Electric Starter dan Kick Starter
- Sistem Pelumasan: Basah
- Kapasitas Oli Mesin: Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter
- Sistem Pengabutan Bahan Bakar: Fuel Injection
- Tipe Kopling: Basah, Kopling Manual, Multiplat
- Tipe Transmisi: Return, 5 Kecepatan
- Pola Pengoperasian Transmisi: 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
- Chasis
- Tipe Rangka: Pressed Backbone (Deltabox)
- Suspensi Depan: Teleskopik
- Suspensi Belakang: Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross
- Ban Depan: 2,75 – 17 41P
- Ban Belakang: 90/90 – 17M/C 49P
- Rem Depan: Cakram
- Rem Belakang: Tromol
- Dimensi
- P x L x T: 2.000 m x 705 mm x 1.035 mm
- Jarak Sumbu Roda: 1.300 mm
- Jarak Terendah Ke Tanah: 165 mm
- Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
- Berat Isi: 129 kg
- Kapasitas Tangki Bensin: 12 Liter
- Kelistrikan
- Arus Kelistrkan : DC (direct current)
- Sistem Pengapian: T.C.I. / Transistorized Coil Ignition (Digital)
- Battery: YTZ4V-MF (MF Battery 12V 3 Ah)
- Busi: CR8E (NGK) / U24ESR-N (DENSO)
Yamaha Vixion Generasi Ke-2 (Tahun 2010-2012)
Yamaha Vixion yang mulai diluncurkan pada 2010 ini adalah facelift dari Yamaha vixion generasi sebelumnya. Yang membuatnya berbeda dan terasa khas adalah adanya headlamp yang sudah berganti. Tadinya berentuk bulat hingga menjadi agak runcing. Hasilnya, motor naked bike ini memiliki kesan agresif. Untuk warna rangka, Anda akan menjumpai warna grey dari sebelumnya berupa warna silver.
Secara spesifikasi tidak ada perubahan. Hanya saja beberapa fitur yang mengalami perubahan seperti yang dijelaskan di atas. Generasi yamaha vixion ini dirilis ke dalam 3 pilihan warna, yaitu striping coklat, merah strip putih serta putih strip hitam.
Spesifikasi Yamaha Vixion Generasi Ke-2 (Tahun 2010-2012)
- Mesin
- Tipe Mesin: 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
- Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
- Volume Silinder : 149,8 cc
- Diameter x Langkah : 57.0 mm x 58.7 mm
- Perbandingan Kompresi :10,40 :1
- Daya Maksimum : 11,1 kW / 8500 rpm
- Torsi Maksimum : 13,1 Nm / 7500 rpm
- Sistem Starter: Electric Starter dan Kick Starter
- Sistem Pelumasan: Basah
- Kapasitas Oli Mesin: Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter
- Sistem Pengabutan Bahan Bakar: Fuel Injection
- Tipe Kopling: Basah, Kopling Manual, Multiplat
- Tipe Transmisi: Return, 5 Kecepatan
- Pola Pengoperasian Transmisi: 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
- Chasis
- Tipe Rangka: Pressed Backbone (Deltabox)
- Suspensi Depan: Teleskopik
- Suspensi Belakang: Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross
- Ban Depan: 2,75 – 17 41P
- Ban Belakang: 90/90 – 17M/C 49P
- Rem Depan: Cakram
- Rem Belakang: Tromol
- Dimensi
- P x L x T: 2.000 m x 705 mm x 1.035 mm
- Jarak Sumbu Roda: 1.300 mm
- Jarak Terendah Ke Tanah: 165 mm
- Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
- Berat Isi: 129 kg
- Kapasitas Tangki Bensin: 12 Liter
- Kelistrikan
- Arus Kelistrkan : DC (direct current)
- Sistem Pengapian: T.C.I. / Transistorized Coil Ignition (Digital)
- Battery: YTZ4V-MF (MF Battery 12V 3 Ah)
- Busi: CR8E (NGK) / U24ESR-N (DENSO)
Yamaha Vixion Generasi Ke-3 (Tahun 2012- 2015)
Yamaha vixion melanjutkan kesuksesannya di pasar motor Indonesia dengan dirilisnya yamaha vixion generasi ketiga pada tahun 2012 lalu. Untuk jenis unit motor naked bike ini bukan hanya dilakukan facelift namun All New. Hal ini tentu membuatnya ditunggu banyak biker di Indonesia.
Label yang tersemat pada motor yamaha ini adalah NVL (New Vixion Lightening) juga sering dijuluki shincan karena bentuk lampu depannya mirip muka shincan. Motor ini memakai sistem pendingin cairan yang secara tampilan bsia dikatakan jauh berubah. Dari penampakannya, Anda bisa menilai bahwa yamaha vixion generasi ini lebih gambot karena NVL didesain dengan body yang agak besar.
Adanya lighting baru ini juga membuatnya lebih keren, belum lagi dengan adanya velg dan ban berukuran lebih lebar. Untuk swing arm tentu lebih modis dibandingkan generasi sebelumnya.
Dari sisi fiturnya juga mengalami perkembangan dengan adanya panel meter yang merupakan perpaduan analog dan digital. Spesifikasi lain yang berubah adalah arus kelistrikannya yang disulap menjadi AC.
Spesifikasi Yamaha New Vixion Lightning (2013-2014)
- Mesin
- Tipe Mesin: 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
- Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
- Volume Silinder : 149,8 cc
- Diameter x Langkah : 57.0 mm x 58.7 mm
- Perbandingan Kompresi :10,40 :1
- Daya Maksimum : 16,59 PS (12.2 kW) / 8.500 rpm.
- Torsi Maksimum : 14,5 Nm (1.48 kgf-m) / 7.500 rpm
- Sistem Starter: Electric Starter dan Kick Starter
- Sistem Pelumasan: Basah
- Kapasitas Oli Mesin: Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter
- Sistem Pengabutan Bahan Bakar: Fuel Injection
- Tipe Kopling: Basah, Kopling Manual, Multiplat
- Tipe Transmisi: Return, 5 Kecepatan
- Pola Pengoperasian Transmisi: 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
- Chasis
- Tipe Rangka: Pressed Backbone (Deltabox)
- Suspensi Depan: Teleskopik
- Suspensi Belakang: Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross
- Ban Depan: 90/80-17M/C 46P
- Ban Belakang: 120/80-17M/C 58P
- Rem Depan: Cakram
- Rem Belakang: Tromol
- Dimensi
- P x L x T : 1.925 x 705 x 1.030 mm
- Jarak Sumbu Roda: 1.300 mm
- Jarak Terendah Ke Tanah: 167 mm
- Tinggi Tempat Duduk: 790 mm
- Berat Isi: 129 kg
- Kapasitas Tangki Bensin: 12 Liter
- Kelistrikan
- Arus Kelistrkan : AC (alternating current)
- Sistem Pengapian: T.C.I. / Transistorized Coil Ignition (Digital)
- Battery: YTZ4V-MF (MF Battery 12V 3 Ah)
- Tipe Busi : CR8E (NGK) / U24ESR-N (Denso)
Yamaha Vixion Generasi Ke-4 (Tahun 2015-2016)
Yamaha vixion generasi keempat ini merupakan facelift dari yamaha Vixion Lighting (NVL). Untuk motor vixion yang rilis tahun 2015 ini, maka ada label baru yang berganti, yaitu NVA (New Vixion Advance).
Salah satu rubahan yang menonjol adalah pada panel spedometernya yang lebih jelas dimana angkanya sangat mudah dibaca. Untuk kelistrikannya yang digunakan adalah sistem arus DC. Jika kunci kontak diputar ke posisi ON, maka lampu tidak menyala. Baru setelah distarter akan menyala. Arus listrik pada motor ini bersumber dari AKI.
Spesifikasi Yamaha New Vixion Advance 2015-2016
- Mesin
- Tipe Mesin: 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
- Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
- Volume Silinder : 149,8 cc
- Diameter x Langkah : 57.0 mm x 58.7 mm
- Perbandingan Kompresi :10,40 :1
- Daya Maksimum : 12.2 kW (16,59 PS)/8.500 rpm
- Torsi Maksimum : 14.5 Nm (1.48 kgf-m)/7.500 rpm
- Sistem Starter: Electric Starter dan Kick Starter
- Sistem Pelumasan: Basah
- Kapasitas Oli Mesin: Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter
- Sistem Pengabutan Bahan Bakar: Fuel Injection
- Tipe Kopling: Basah, Kopling Manual, Multiplat
- Tipe Transmisi: Return, 5 Kecepatan
- Pola Pengoperasian Transmisi: 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
- Chasis
- Tipe Rangka: Pressed Backbone (Deltabox)
- Suspensi Depan: Teleskopik
- Suspensi Belakang: Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross
- Ban Depan: 90/80-17M/C 46P
- Ban Belakang: 120/70-17M/ C 58P
- Rem Depan: Cakram
- Rem Belakang: Tromol
- Dimensi
- P x L x T : 1.925 x 705 x 1.030 mm
- Jarak Sumbu Roda: 1.300 mm
- Jarak Terendah Ke Tanah: 167 mm
- Tinggi Tempat Duduk: 790 mm
- Berat Isi: 129 kg
- Kapasitas Tangki Bensin: 12 Liter
- Kelistrikan
- Arus Kelistrkan : DC (direct current)
- Sistem Pengapian: T.C.I. / Transistorized Coil Ignition (Digital)
- Battery: YTZ4V-MF (MF Battery 12V 3 Ah)
- Tipe Busi : CR8E (NGK) / U24ESR-N (Denso)
Yamaha Vixion Generasi Ke-5 (Tahun 2017)
Di generasi kelima ini, Yamaha meluncurkan motor vixion dengan nama All New Vixion dan All New Vixion R. Masing-masing memiliki spesifikasi berbeda terutama pada mesinnya, dimana All New Vixion memiliki kapasitas 150 cc dan yang satunya 155cc VVA. Secara lebih lengkap, berikut ini spesifikasi dari Motor All New Vixion :
1. All New Vixion
Mesin
TIPE MESIN | Liquid Cooled 4-stroke, SOHC |
SUSUNAN SILINDER | Single Cylinder |
DIAMETER X LANGKAH | 57 x 58.7 mm |
PERBANDINGAN KOMPRESI | 10.4 : 1 |
VOLUME SILINDER | 149.8 cc |
DAYA MAKSIMUM | 12.2 kW / 8500 rpm |
TORSI MAKSIMUM | 14.5 Nm / 7500 rpm |
SISTEM STARTER | Electric starter |
SISTEM PELUMASAN | Wet sump |
KAPASITAS OLI MESIN | Total =1.15L ;Berkala = 0.95 L ;Ganti Filter Oli = 1 L |
SISTEM BAHAN BAKAR | Fuel Injection |
TIPE KOPLING | Wet Type Multi-Plate Clutch ; Assist and Slipper Clutch |
TIPE TRANSMISI | Constant mesh 5-speed |
Dimensi
P X L X T (Length x Width x Height) | 1955 x 720 x 1025 mm |
JARAK SUMBU RODA | 1295 mm |
JARAK TERENDAH KE TANAH | 165 mm |
TINGGI TEMPAT DUDUK | 795 mm |
BERAT ISI | 132 Kg |
KAPASITAS TANGKI BENSIN | 12 Liter |
Rangka (Chasis)
TIPE RANGKA | Deltabox |
SUSPENSI DEPAN | Teleskopic |
SUSPENSI BELAKANG | Swing Arm |
TIPE BAN | Tubeless |
BAN DEPAN | 90/80-17M/C 46P |
BAN BELAKANG | 120/70-17M/C 58P |
REM DEPAN | Disc brake |
REM BELAKANG | Disc brake |
Kelistrikan
SISTEM PENGAPIAN | TCI |
TIPE BATTERY | YTZ4V/GTZ4V |
TIPE BUSI | NGK/CR8E |
2. All New Vixion R
Sedangkan untuk All New Vixion R, Anda akan menemui spesifikasi yang berbeda, terutama pada mesinnya. Berikut ini spesifikasi lengkap motor naked bike dari Yamaha tersebut :
Mesin
TIPE MESIN | Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA |
SUSUNAN SILINDER | Single Cylinder |
DIAMETER X LANGKAH | 58 x 58.7 mm |
PERBANDINGAN KOMPRESI | 11.6±0.4 : 1 |
VOLUME SILINDER | 155.1 cc |
DAYA MAKSIMUM | 14.2 kW / 10000 rpm |
TORSI MAKSIMUM | 14.7 Nm / 8500 rpm |
SISTEM STARTER | Electric Starter |
SISTEM PELUMASAN | Wet Sump |
SISTEM BAHAN BAKAR | Fuel Injection |
TIPE KOPLING | Wet Type Multi-Plate Clutch ; Assist & Slipper Clutch |
TIPE TRANSMISI | Manual |
Dimensi
P X L X T (Length x Width x Height) | 1950 x 720 x 1025 mm |
JARAK SUMBU RODA | 1320 mm |
JARAK TERENDAH KE TANAH | 165 mm |
TINGGI TEMPAT DUDUK | 795 mm |
BERAT ISI | 131 kg |
KAPASITAS TANGKI BENSIN | 11 L |
Rangka (chasis)
TIPE RANGKA | Deltabox |
SUSPENSI DEPAN | Teleskopic |
SUSPENSI BELAKANG | Swing Arm |
TIPE BAN | Tubeless |
BAN DEPAN | 90/80-17M/C 46P |
BAN BELAKANG | 130/70-17M/C 62P |
REM DEPAN | Disc Brake |
REM BELAKANG | Disc Brake |
Kelistrikan
SISTEM PENGAPIAN | TCI |
BATTERY | YTZ4V/GTZ4V |
TIPE BUSI | NGK/MR8E9 |
Demikian sejarah panjang yamaha vixion yang perlu Anda tahu. Kendaraan ini merupakan naked bike yang cukup bisa bersaing di pasaran Indonesia. Anda bisa mendapatkannya di dealer resmi Yamaha Fortuna Motor untuk melakukan pembelian.
Anda bisa membeli baik secara cash maupun secara kredit. Masing-masing tipe unit sepeda motor memiliki keunggulan tersendiri. Jika ingin membeli secara kredit, maka akan kami sediakan dp murah dan cicilan ringan bagi Anda. Kami juga melayani servis bengkel resmi yamaha yang bisa diandalkan karena dibantu tim berpengalaman.