kitty core gangbang LetMeJerk tracer 3d porn jessica collins hot LetMeJerk katie cummings joi simply mindy walkthrough LetMeJerk german streets porn pornvideoshub LetMeJerk backroom casting couch lilly deutsche granny sau LetMeJerk latex lucy anal yudi pineda nackt LetMeJerk xshare con nicki minaj hentai LetMeJerk android 21 r34 hentaihaen LetMeJerk emily ratajkowski sex scene milapro1 LetMeJerk emy coligado nude isabella stuffer31 LetMeJerk widowmaker cosplay porn uncharted elena porn LetMeJerk sadkitcat nudes gay torrent ru LetMeJerk titless teen arlena afrodita LetMeJerk kether donohue nude sissy incest LetMeJerk jiggly girls league of legends leeanna vamp nude LetMeJerk fire emblem lucina nackt jessica nigri ass LetMeJerk sasha grey biqle

Apa Saja Aturan Knalpot Racing Serta Plus Minus 5 Keuntungan dan 5 Kerugiannya

Kelebihan dan kekurangan knalpot racing

Kelebihan dan kekurangan knalpot racing perlu Anda ketahui sebelum memasangnya. Jenis knapot ini sendiri merupakan hasil modifikasi dari knalpot standart. Tujuan modifikasi pada bagian ini adalah untuk membuat suara lebih gahar dan diharapkan bisa menghasilkan tenaga lebih besar. Maka tak heran jika banyak yang mengganti knalpot motor standar menjadi racing.

Aturan Pemerintah Mengenai Tingkat Kebisingan (desibel) untuk Knalpot

aturan knalpot racing di Indonesia

Bukan hanya penampilan yang lebih modis, suara yang dihasilkan knalpot racing lebih gahar. Hal inilah yang banyak disukai bagi penggemar modifikasi motor. Akan tetapi, Anda harus pula memahami aturan pemerintah mengenai tingkat kebisingan knalpot. Pasalnya, jika tidak sesuai dengan aturan yang ada, pengendara bisa ditilang karena kanlpot terlalu bising.

Aturan ini tertuang pada Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 7 tahun 2009. Di dalamnya diterangkan tingkatan kebisingan untuk motor, yaitu :

  • Motor dengan kapasitas kurang dari 80 cc maksimal 77 dB
  • Motor dengan kapasitas 80-175cc maksimal 83 dB
  • Motor dengan kapasitas di atas 175cc maksimal 80 dB

Ketahui aturan di atas agar Anda bisa aman dan nyaman saat bekendara di jalan raya. dB atau Decibel sendiri merupakan satuan keras suara. Selanjutnya akan menjadi acuan bagi anda untuk mempertimbangkan penggunaannya dengan mengetahui terlebih dahulu Kelebihan dan kekurangan knalpot racing.

5 Kelebihan (Plus) Memakai Knalpot Racing Aftermarket

5 kelebihan dari knalpot racing

Sebelumya perlu Anda ketahui dulu bahwa aftermarket merupakan suku cadang pengganti pada sebuah motor yang dibuat selain dari produsen asli motor Anda. Saat memodifikasi knalpot standar menjadi knalpot racing, hendaknya memperhatikan tingkat kebisingan yang telah di atur oleh undang-undang.

Knalpot racing memiliki kelebihan jika dibandingkan knalpot standar. Namun anda tetap harus memperhatikan kualitas knalpot racing aftermarket yang akan gunakan. Tidak sembarang knalpot yang asal bunyi saja, namun perlu memperhatikan fungsi utama yang ditawarkan produsen knalpot tersebut dalam upaya memberikan keawetan, manfaat dan value terhadap kinerja motor anda.

Adapun kelebihan dari menggunakan knalpot racing aftermarket adalah sebagai berikut :

1. Tampilan Lebih Modis dan Sporty

Tampilan dari knalpot racing umumnya lebih terlihat modis dan “eye catching” jika dibandingkan dengan knalpot bawaan pabrikan. Hal ini tentunya akan menambah kesan sporty bagi sepeda motor kesayangan anda jika dipasang.

2. Memberi Manfaat Saat Touring

Keuntungan memakai knalpot racing saat touring adalah karena Anda bisa terhindari dari rasa ngantuk karena suara gahar yang dihasilkan. Selain itu, suara ini juga bisa memberikan sinyal bagi pengendara lain yang ikut dalam rombongan touring Anda.

3. Meningkatkan Performance dan Tenaga Motor

Hal ini sering kali yang menjadi alasan untuk mengganti knalpot bawaan motor dengan knalpot racing. Akselerasi motor pun akan lebih maksimal karena umumnya hambatan pada knalpot racing tidak serumit knalpot bawaan. Dengan demikian, sehingga motor lebih baik untuk mencapai performa terbaiknya.

4. Mengurangi Bobot Motor

Knalpot standar memiliki komponen-komponen yang rumit untuk memenuhi standar emisi gas buang. Hal ini menyebabkan bobot dari knalpot cukup berat jika dibandingkan knalpot racing. Bobot dari knalpot racing umumya lebih ringan dari knalpot standar pabrikan, dengan demikian maka bobot keseluruhan dari motor akan berkurang sehingga berpengaruh secara tidak langsung pada performanya.

5. Mengurangi Resiko Kecelakaan

Dijalanan umumnya indra penglihatan terbatas, oleh karena itu sering terjadi kecelakaan yang disebabkan hal ini. Misalnya anak-anak yang menyebrang tiba-tiba, pengemudi di depan kita belok seenaknya (terutama emak-emak).

Tentunya hal ini tidak terjadi atau setidaknya mengurangi resiko kecelakaan jika mereka mendengar suara knalpot anda. Suara bising kenalpot bisa meningkatkan kepekaan pejalan kaki atau penyebrang jalan akan adanya motor yang akan melintas.

5 Kekurangan (Minus) Memakai Knalpot Racing Aftermarket

5 kekurangan dari knalpot racing

Meskipun sudah mengeluarkan biaya modifikasi yang tidak sedikit, namun langkah ini ternyata juga membawa kerugian tersendiri bagi Anda juga lingkungan sekitar. Berikut ini adalah hal-hal yang tidak diinginkan ketika memakai knalpot racing aftermarket :

1. Polusi Suara dan Udara

Pada umumnya (tidak semuanya) knalport racing memiliki tingkat kebisingan yang sangat tinggi. Hal ini menyebabkan polusi suara pada lingkungan sekitarnya yang dilalui sepeda motor anda. Tentu saja hal ini sangat merugikan orang-orang disekitar anda.

Kemudian masalah polusi udara dimana pada knalpot standar sudah dilengkapi dengan catalytic converter yang berfungsi sebagai alat pengendali emisi buangan yang mengubah gas dan polutan beracun pada gas buangan menjadi polutan yang tidak terlalu beracun dengan mengkatalis reaksi redoks. Umumnya knalpot racing tidak mempedulikan hal tersebut, maka jenis knalpot ini adalah menjadi salah satu penyebab polusi udara.

Knalpot aftermarket hasil riset biasanya sudah memiliki dB Killer yang berfungsi meredam polusi suara dan catalytic conventer yang berfungsi menyaring polusi dan gas berbahaya.

2. Putaran Mesin Menjadi Kacau

Penggunaan knalpot racing perlu memperhatikan settingan mesin seperti halnya mengatur Electronic Control Unit (ECU). Tanpa langkah ini maka putaran mesin menjadi kacau karena sensor akan mengirim sinyal berbeda ke ECU. Akibatnya, motor bisa cepat panas.

Untuk mengatasinya anda bisa pergi ke bengkel resmi untuk mengatur setingan motor anda agar sesuai dengan knalpot racing yang anda gunakan.

3. Motor Menjadi Boros BBM

Hal ini dikarenakan tenaga yang dibutuhkan motor lebih besar. Jadi, Anda perlu menambahkan anggaran pembelian BBM ketika memakai knalpot racing.

4. Motor Bisa Lebih Cepat Rusak

Hal ini mungkin tidak akan Anda rasakan dalam waktu dekat. Kerusakan akan terlihat ketika knalpot dipakai dalam waktu lama. Efek ini terjadi dikarenakan mesin motor harus beradaptasi dengan kinerja knalpot racing.

5. Terancam Resiko Ditilang

Hal ini bisa terjadi saat knalpot racing Anda menghasilkan suara bising yang melebihi standar yang ditetapkan, seperti halnya yang telah dijelaskan di atas. Karena itu, saat memodifikasi motor, perhatikan jenis kendaraan dan mesin motor agar menyesuaikan jenis kanpot racing yang digunakan.

Motor merupakan kendaraan yang dapat Anda pakai di segala kesempatan. Pembelian motor bsia Anda lakukan di dealer resmi yamaha fortuna motor. kami membantu Anda mendapatkan motor baik dengan pembelian cash maupun kredit. Jika pembelian dilakukan dengan kredit, maka kami sediakan dp murah dan cicilan ringan. Ketahui istilah kredit motor sebelum melakukan pembelian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *