Filosopi logo yamaha motor membuat banyak orang penasaran, mungkin termasuk anda salah satunya. Seperti yang sudah anda ketahui bahw logo yang digunakan oleh perusahaan ini sering disebut sebagai garpu tala. Lalu, apa makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya?
Filosopi Logo Yamaha Motor sebagai Produsen Sepeda Motor Yamaha
Logo yang digunakan oleh Yamaha adalah berupa garpu tala. Simbol ini adalah alat untuk mencari nada awal yang sering digunakan oleh musisi. Anda tentu penasaran, kenapa Yamaha memilih menggunakan logo tersebut?
Pemilihan logo ini bukanlah tanpa makna. Hal ini dikarenakan sebelum mulai memproduksi sepeda motor, Yamaha merupakan perusahaan pembuat alat musik. Pianika, piano, dan gitar merupakan contoh produk yang dibuat oleh perusahaan Yamaha di dunia.
Untuk produksi sepeda motor sendiri, Yamaha memulainya pada tahun 1955. Pada motor pertama yang diproduksi, yamaha memakai logo garpu talanya. Filosofi yang terdapat di dalamnya bisa disebut sebagai filosofi “kando”. Perusahaan ini pernah memakai tagline toucing your heart. Makna tagline tersebut memiliki makna sama dengan garpu tala.
Filosofi Kando merupakan kombinasi seni dan keindahan mempengaruhi jiwa manusia teguh dipegang Yamaha sejak pertama memproduksi alat musik. Filosofi ini tetap digunakan ketika Yamaha mulai memproduksi motor di tahun 1955.
Sejarah Logo Yamaha Motor dari Burung Phoenik ke Garputala
Sebelum memakai logo garputala yang sekarang, Sejarah yamaha sempat memakai logo burung phoenix yang merupakan sebuah legendaris melambangkan kebajikan dan rahmat. Maknanya adalah Yamaha ingin membuat produk yang bermanfaat bagi umat manusia.
Barulah pada tahun 1927, Yamaha mengganti logo yang melambangkan tiga buah garpu tala dengan tulisan Yamaha di atasnya. Logo tersebut dibingkat bentuk segi tiga. Tiga garpu tala tersebut menjadi lambang tiga kegiatan yang dilakukan perusahaan, yaitu : manufaktur, pemasaran dan teknologi.
Lambang garputala juga menjadi simbil dari tiga unsur penting dalam musik, yaitu : melodi, harmoni, dan ritmik. Hal ini dikarenakan Yamaha saat itu memang membuat alat musik.
Untuk saat ini, Yamaha motor memiliki tagline yaitu Yamaha Semakin di Depan. Di logo Yamaha juga terdapat goresan merah yang mampu membangkitkan semangat baru dan keberanian serta energi baru. Bentuk hurufnya sendiri memiliki kesan yang sporty dan menciptakan inovasi baru yang trendi. Huruf A dalam logo “Semakin di depan” dibuat berbeda. Hal ini bertujuan agar selalu berpikir positif dan memiliki keinginan yang kuat dalam mencapai tujuan.
Perbedaan Logo Yamaha Motor dan Yamaha Musik
Banyak yang belum menyadari perbedaaan antara logo yamaha motor dan yamaha music. Padahal di dalamnya ada berbagai perbedaan yang mendasar, meliputi : warna dasar logo, ujung garputala dan huruf M.
- Pada Yamaha motor, warna dasarnaya adalah merah. Sedangkan yamaha musik memiliki warna dasar hitam.
- Selanjutnya, yamaha motor memiliki ujung garpu tala yang menembus garis tebal lingkaran logo. Semenatara itu, pada yamaha music, tidak sampai menembus garus tebal lingkaran.
- Untuk perbedaan ketiga adalah pada garis lurus huruf M di yamaha motor memiliki panjang yang sama. sementara di yamaha music, pada bagian tengah dibuat lebih pendek.
Berbagai informasi tentang filosofi logoYamaha motor perlu Anda tahu sehingga bisa mengetahui makna logo perusahaan yang namanya sangat populer di Indonesia juga dunia internasional. Sepeda motor buatan pabrikan ini mudah ditemui di jalan-jalan baik di kota maupun desa.
Untuk mendapatkan produk Yamaha baik secara cash maupun kredit, anda bisa menghubungi kami sebagai dealer resmi Yamaha untuk wilayah Bandung, Kiaracondong, Ciparay, Rancaekek, Purwakarta, Karawang, Sukabumi, Majalengka, Cirebon, Tasikmalaya dan Banjar. Kami menyediakan produk terbaru dari yamaha motor Indonesia yang siap mempermudah mobilitas Anda.